selamat datang..^_^

Assalamualaikum warohmatullahiwabarokatuh..^_^
semoga bisa bermanfaat...

Sabtu, 27 November 2010

RPP Kimia kelas x


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             : SMAN Negeri 2 Mataram
Mata Pelajaran           :Kimia
Kelas/Semester           :X/1
Pertemuan Ke-            :1
Alokasi Waktu            :2 jam pelajaran
Standar Kompetensi   :1.Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur,
                                            dan ikatan kimia
Kompetensi Dasar      :1.1 Memahami struktur atom berdasarkan teori atom
Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom  relatif, dan sifat -sifat periodik  unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron
Indikator                     :
·           Siswa mampu membandingkan perkembangan teori atom, mulai dari teori atom Dalton hingga teori atom Niels Bohr.
I.     Tujuan Pembelajaran
·                     Siswa dapat menjelaskan perkembangan teori atom, dari teori atom Dalton hingga
teori atom modern.

II.  Uraian Materi Pembelajaran
·           Perkembangan model atom sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.
·           Orang pertama yang membuat model atom adalah John Dalton sehingga disebut model atom Dalton.
·           Model atom disempurnakan oleh Thomson, Rutherford, Bohr, dan Schrodinger.

III.Metode Pembelajaran
Ceramah bermakna dan diskusi informasi

IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.      Kegiatan Awal
·      Guru memberikan salam dan menanyakan kabar
·      Guru mengabsen siswa
·      Guru memberikan motivasi, dengan :
Dengan menggunakan peristiwa yang ada dalam kehidupan sehari-hari,
guru memberikan contoh bahwa ilmu pengetahuan selalu mengalami penyempurnaan.
b.      Kegiatan Inti
·  Guru menjelaskan model atom Dalton, Thomson, Rutherford, Bohr.
·  Guru menjelaskan secara sekilas teori atom modern. Hal itu dilakukan karena model atom modern akan dipelajari di kelas XI.
·  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada yang belum di mengerti.
·  Guru memberikan evaluasi untuk melihat ketercapaian indicator, dengan mengajukan beberapa soal kepada siswa.
c.       Kegiatan Akhir (Penutup)
·  Guru meminta siswa untuk menyimpulkan hasil belajar.
·  Guru menyempurnakan kesimpulan dari siswa
·  Guru memberikan PR kepada siswa dan memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
·  Guru menutup pelajaran.

V. Alat dan Sumber Belajar
Buku Kimia SMA kelas X

VI.Penilaian
1.      Jenis tagihan
·      Tugas individu
·      Kuis
2.      Bentuk dan jenis instrumen
·      Bentuk        : tertulis
·      Jenis            : essay
3.      Instrument
o  Kemukaakn gagasan utama dalam:
a.       Teori atom Dalton
b.      Teori atom Thomson
c.       Teori atom Rutherford
d.      Teori atom Neils Bohr
e.       Teori atom modern (mekanika kuantum)
o  Sebutkan kelemahan dari teori atom rhuterford!
o  Sebutkan beberapa produk yang menggunakan prinsip tabung sinar katode!
Kunci jawaban
o  Gagasan utama dalam
a.       Teori atom Dalton
·      Atom merupakan partikel terkecil yang tidak dapat terpecah lagi
·      Atom adalah suatu unsure sama segala sifatnya
·      Senyawa terbentuk jika atom bergabung satu sama lain
·      Reaksi kimia hanya melibatkan penataan ulangan atom-atom, sehingga tidak ada atom berubah akibat reaksi kimia
b.      Teori atom Thomson
Bahwa didalam atom terdapat elaktron-elektron yang tersebar secara merata dalam bola bermuatan positif dan modelnya mirip roti kismis
c.       Teori atom Rutherford kan atom terdiri atas inti yang bermuatan positif  dan berada pada pusat atom, sedangkan elektron bergerak melintasi inti.
Model atom Rutherford menggambar
d.      Teori atom Bohr
Bohr menyusun model atom bardasarkan penamatan tentang spectrum atom hydrogen, dan gagasan utamanya sebagai berikut:
Atom terdiri atas inti, yang dikelilingi oleh elektrondalam lintasan berbentuk lingkaran, dan lintasan tersebut disebut orbit-orbit. Model atom bohr menyerupai tata surya, mempunyai lintasan-lintasan dengan tingkat energy tertentu.
Elektron dapat berpindah dari satu kulit ke kulit lain, disertai pemancaran atau penyerapan sejumlah energy tertentu.
e.       Teori atom Modern
Atom menurut mekanika kuantum, memiliki inti yang dikelilingi oleh elektron pada tingkat energy tertentu dan elektronnya memiliki posisi idak pasti yang dapat dikatakan hanya sebagai peluang untuk menemukannya, yaitu dalam orbital

o         Kelemahan dari teori atom Rutherford adalah tidak bisa menjelaskan mengapa elektron tidak jatuh ke intinya.

o        Beberapa produk yang menggunakan prinsip sinar katode yaitu pembuatan lampu tabung, yaitu lampu neon, lampu natrium. Lampu neonbercahanya merah, banyak digunakan untuk lampu reklame, dan penerangan jalan raya.




Mengetahui
Kepala SMA Negeri 2 Mataram                                                                       Guru Kimia,


(___________________)                                                                    (___________________)
NIP. ................................                                                                    NIP. ................................






RPP kimia kelas X (sifat-sifat priodik unsur)

RENCANA PROSES PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             : SMA Negeri 2 Mataram
Mata Pelajaran             :  KIMIA
Kelas/Semester            :  X/1
Pokok Bahasan            :  Sistem Priodik Unsur
Subpokok Bahasan      :  Sifat-Sifat Priodik Unsur
Alokasi Waktu             :  2 Jam Pelajaran (1Jam Pelajaran = 35 menit )

I.                   Standar Kompetensi
Memahami struktur atom, sifat-sifat priodik unsure, ikatan kimia serta molekul dan sifat-sifatnya.

II.                 Kompetensi Dasar
Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, sifat-sifat unsur dalam table priodik unsure serta menyadari keteraturannya melalui pemahaman konfigurasi electron.
III.             Indikator
1.      Siswa dapat menetukan sifat-sifat unsure dan massa atom relative
2.      Siswa dapat menganalisis sifat kepriodikan unsure-unsur.
3.      Siswa dapat membedakan antara jari-jari atom, energy ionisasi, afinitas electron, dan keelektroneegatifan.
IV.              Materi Pelajaran
Sifat priodik unsure adalah sifat-sifat unsure yang berubah secara beraturan seiring pertambahan nomor atomnya. Contohnya adalah jari-jari atom, energy ionisasi, afinitas electron, dan keelektronegatifan.
1.      Jari-jari atom 
Adalah jarak dari initi hingga ke kulit electron terluar.
Kecendrungan jari-jari atom sebagai berikut :
Ø  Dari atas ke bawah dalam satu golongan, jari-jari atom semakin besar jumlah kulit dan muatan inti.
Ø  Besar kecilnya atom terutama ditentukan oleh dua factor yaitu jumlah kulit dan muatan inti. Semakin banyak kulit atom akan menyebabkan bertambahnya jari-jari atom. Sebaliknya, semakin besar muatan inti semakin kuat gaya tariknya terhadap electron dan menyebabkan berkurangnya jari-jari atom.
Ø  Dari atas ke bawah jumlah kulit bertambah sehingga mengakibatkan pertambahan jari-jari atom. Dalam satu priode, jumlah kulit sama, tetapi muatan inti semakin besar. Akibatnya, gaya tarik inti bertamabah sehingga jari-jari atom semakin kecil.
2.      Jari-jari ion
Ion dapat terbentuk dari atom netralnya Karena pelepasan atau penyerapan  (anion) terjadi karena penyerapan electron. Ion mempunyai jari-jari yang berbeda secara nyata jika dibandingkan dengan jari-jari atom netralnya.Ion positif mempunyai jari-jari yang lebih kecil sedangkan ion negative mempunyai jari-jari yang lebih besar.
Jari-jari atom Na dan jari-jari ion Na+. Ion Na+ mempunyai  jari-jari yang lebih kecil Karena factor :
1.      Berkurangnya jumlah kulit atom. Atom Na mempunyai 3 kulit sedangkan ion Na+  hanya mempunyai 2 kulit.
2.      Berkurangnya tolak menolak antarelektron
3.      Berkurangnya jumlah electron yang melindungi electron pada kulit terluar terhadap tarikan inti.
Jari-ajari atom klorin (Cl) dan jari-jari klorida (Cl-). Ion klorida mempunyai jari-jari yang lebih besar karena factor :
1.      Pertambahan jumlah electron meyebabkan tolak menolak antarelektron bertambah.
2.      Efek perlindungan yang dialami electron valensi praktis sama.
3.      Energi ionisasi
Adalah besarnya energy yang diperlukan untuk  melepas satu electron dari suatu atom netral dalam wujud gas sehingga terbentuk ion berwujud gas dengan muatan +1. Harga energy ionisasi bergatun pada gaya tarik inti terhadap electron kulit terluar yaitu electron yang akan dilepaskan. Semakin kuat aya tarik inti, semakin besar besar energy ionisasi.
Kepriodikan energy ionisasi sebagai berikut :
1.      Dalam satu golongan dari atas ke bawah, energi ionisasi semakin kecil. Dalam satu  golongan jari-jari atom bertambah besar sehingga gaya tarik inti terhadap electron terluar semakin lemah. Oleh karena itu energy ionisasi berkurang.
2.      Dalam satu priode dari kiri ke kanan, energy ionisasi cendrungbertambah. Dalam satu priode gaya tarik ini ionisasi bertambah. Oleh karena itu energy ionisasi juga bertambah.
4.      Afinitas electron
Adalah energy yang menyrtai pertambahan 1 elektron pada satu atom netral dalam wujud gas membentuk ion bermuatn -1. Afinitas electron terbesar dimiliki oleh golongan halogen.
Kecendrungan afinitas electron sebagai berikut :
1.      Dalam satu golongan dari atas ke bawah, afinitas electron cendrung bertambah.
2.      Dalam satu priode dari kiri ke kanan afinitas electron cendrung bertamb unsur.
3.      Kecuali unsure alkali tanah dan gas mulia semua unsure golongan utama mempunyai afinitas electron bertanda negative.
5.      Kelektronegatifan
Adalah suatu bilangan yang menggambarkan kecendrungan relative suatu unsure menarik electron ke pihaknya dalam suatu ikatan kimia
Kecendrungan keelektronegatifan sebagi berikut :
1.      Dalam satu golongan dari atas ke bawah, keelektronegatifan semakin berurang.
2.      Dalam satu priode dari kiri ke kanan, kelektronegatifan semakin bertambah.
6.      Sifat logam dan nonlogam
Sifat logam bergantung pada energy ionisasi. Makin besar energy Ionisasi, makin sukar bagi atom untuk melepaskan electron dan makin berkurang sifat logamnya. Sifat nonlogam bergantung pada kelektronegatifan yaitu om menarik kecendrungan atom menarik electron.
Sifat logam dan nonlogam dalam system priodik sebagai berikut :
1.      Dalam satu golongan dari atas ke bawah, sifat logam bertambah, sedangkan sifat nt
2.      Dalam satu priode dari kiri ke kanan, sifat logam berkurang, sedangkan sifat nonlogam bertambah.
7.      Kereaktifan
Kereaktifan suatu unsure bergantung pada kecendrungannya melepas atau menarik electron. Unsur logam yang paling reaktif adalah golongan 1A (logam alkali) sedangkan   nonlogam yang paling reaktif adalah gologan VII (halogen). Dari kiri ke kanan dalam satu priode mula-mula kereaktifan menurun kemudian bertambah hingga golongan VIIA. Golongan VIIIA tidak reaktif.

V.                 Alat dan Sumber Belajar
A.     Alat
Spidol dan papan tulis
B.     Sumber Pembelajaran
Michael Purba.2006.Kimia Kelas X Semester 1.Jakarta.Penerbit Erlangga
Justiana Sandri dan Muchtariadi.2009.Bilingual Chemistry 1.Jakarta.Yudhistira
VI.              Pendekatan dan Metode
A.     Pendekatan
Pendekatan CTL
B.     Metode
Diskusi informasi,Tanya jawab, penugasan
VII.           Kegiatan Pembelajaran
Tahap Pembelajaran
Kegiatan Siswa
Life Skill yang dilatih
1.Kegiatan awal (5 menit)
    >Memberikan motivasi
    >Mengulang materi          sebelumnya
2.Kegiatan Inti (25 menit)
>Menjelaskan materi sifat-sifat priodik unsur
>Menjelaskan beberapa golongan dalam system periodic.
>Latihan soal
3.Penutup (5menit)
>Menyimpulkan materi pembelajaran
>Mencermati penjelasan guru secara seksama.


>Mencermati penjelasan guru.


>Menjawab soal

>Menyimpulkan materi pembelajaran
>Menggali informasi kembali.


>Menggali informasi
>Mengolah informasi

>Kerjasama

>Mengambil kesimpulan

VIII.        Penilaian
A.     Penilaian Kognitif
Soal
1.      Jelaskan dengan singkat apa yang dimaksud dengan jari-jari atom, energy ionisasi,afinitas electron,dan keelektronegatifan.
2.      Unsur A dan B berturut-turut memiliki nomor atom 11 dan 18. Unsur manakah yang mempunyai jari-jari atom lebih besar. Jelaskan!
3.      Susunlah unsur-unsur berikut berdasarkan kenaikan energy ionisasinya A (Z=3), B (Z=4), C (Z=6), D (Z=11), E (Z=19)
4.      Susunlah unsur berikut berdasarkan kenaikan afinitas elektronnya P (Z=2), Q(Z=9), R (Z=11), S(Z=17)
5.      Unsur manakah yang mempunyai keelektroanegatifan lebih besar B (Z=5) atau O (Z=8). Jelaskan!





Mataram,     November 2010
Kepala Sekolah                                                                           Guru Kimia



Drs.Hairuddin Achmad                                                            Rokyal Aini
NIP. 130914229                                                                   NIP. (menyusul)hehe

Minggu, 07 November 2010

Love is Punishment

Love is Punishment ( 사랑은 벌이다 ) by K Will
너를 보지말걸 그랬어 ( neoreul bojimalgeol geuraesseo )

다른 세상에서 살것을 ( dareun sesangeseo salgeoseul )
그저 모르는 사람으로 산다면 ( geujeo moreuneun sarameuro sandamyeon )
이런 아픔따위는 몰랐을테니.. ( ireon apeumttawineun mollasseulteni.. )

Seandainya saya tidak akan pernah boleh melihatmu

bila aku akan hidup di kehidupan lain

bila aku menjalani kehidupan sebagai orang lain

Segala Kesedihan yang begini aku tidak akan mengetahuinya
매일매일 너를 지우고 ( maeil maeil neoreul jiugo )

매일매일 너를 버려도 ( maeil maeil neoreul beoryeodo )
내맘은 이미 너를 꼭 숨긴채 ( naemameun imi neoreul kkok sumginchae )
놓아주지 않아 사랑이라 부르며.. ( nohajuji anha sarangira bureumyeo.. )

Setiap hari aku melupakanmu

Setiap hari aku meninggalkanmu

Dalam hati saya sungguh aku telah merahasiakanmu

Tidak akan melepaskan untuk mengatakan kata cinta

사랑은 행복이라 믿고 있었는데( sarangeun haengbogira mitgo isseonneunde )

말못하는 사랑은 하늘이 준 벌일뿐이야 (malmotaneun sarangeun haneuri jun beorilppuniya )
너만 사랑하면 맘이 저려서 ( neoman saranghamyeon mami jeoryeoseo )
눈물만 훔치며 살아가니까.. ( nunmulman humchimyeo saraganikka.. )

aku percaya bahwa cinta membuat bahagia, namun

Ketidakmampuan mengatakan cinta adalah surga yang hanya memberikan hukumannya

Aku hanya mencintaumu, bila aku mencintaimu hatiku sangat nyeri

Hidup ini hanya ada airmata yang membuat luka

너 이러는 벌을 잊었어 ( neo ireoneun beoreul ijeosseo )
입으로도 너를 잊었어 ( ibeurodo neoreul ijeosseo )
가끔씩 술에 취해 내사랑을 말해버릴 것 같아 ( gakkeumssik sure chwihae naesarangeul malhaebeoril geot gata )
그게 겁이 날 뿐야.. ( geuge geobi nal ppunya.. )
Seperti ini aku telah melupakan siksaan ini

Bibirku ( ucapanku )pun telah melupakanmu

Kadang2 saat mabuk seakan aku akan mengatakan cintaku

sungguh itu saat yang menakutkan

사랑은 행복이라 믿고 있었는데 ( sarangeun haengbogira mitgo isseonneunde )
말못하는 사랑은 하늘이 준 벌일뿐이야 ( malmotaneun sarangeun haneuri jun beorilppuniya )
너만 사랑하면 맘이 저려서 ( neoman saranghamyeon mami jeoryeoseo )
눈물만 훔치며 살아가니까.. ( nunmulman humchimyeo saraganikka.. )
Saya percaya bahwa cinta itu adalah kebahagiaan,namun..

ketidakmampuan mengucapkan kata cinta adalah surga yang hanya memberikan hukuman saja

Aku hanya mencintaumu, bila mencintaimu hatiku sangat nyeri

Hidup ini hanya ada airmata yang membuat luka,

꿈에서 사랑을 할까 ( kkumeseo sarangeul halkka )
울고 또 울다가 지쳐서 ( ulgo tto uldaga jichyeoseo )
잠이 들어 보지만 ( jami deureo bojiman )
깨고 나면 하루가 늘 똑같은데.. ( kkaego namyeon haruga neul ttokgateunde.. )

Akankah aku mencintaimu dalam mimpi..

Menangis dan menangis lagi hingga lelah sekali

Hingga tertidur, bangun dan kapanpun hari kembali seperti itu

널 사랑해 이렇게 사랑하고 있어 ( neol saranghae ireoke saranghago isseo )
니가 없는 곳에서 남몰래 사랑을 말해봐 (niga eomneun goseseo nammollae sarangeul malhaebwa )
혹시 니가 듣고 달아날까봐 ( hoksi niga deutgo daranalkkabwa )
아무도 모르게 사랑하잖아… ( amudo moreuge saranghajanha… )

Seperti ini aku mencintaimu

Bila kau tak ada, aku mencoba mengatakan cinta

mungkin saja engkau mendengar dan kau akan lari dariku

apapun membodohkanku bahwa aku mencintaimu

Lirik lagu Heaven

Heaven

Artist: Bryan Adams
Oh, thinking about all our younger years
There was only you and me,...
We were young and wild and free

Now, nothing can take you away from me
We've been down that road before
But that's over now,
You keep me comin' back for more

Baby you're all that I want
When you're lying here in my arms
I'm finding it hard to believe we're in heaven

And love is all that I need
And I found it here in your heart
It isn't too hard to see we're in heaven

Oh, once in your life you find someone
Who will turn your world around,... Bring you up when you're feeling down

Yeah, nothing could change what you mean to me
Oh there's lots that I could say,
But just hold me now, 'cause our love will light the way

I've been waiting for so long,...
For something to arrive
For love to come along

Now our dreams are coming true,...
Through the good times and the bad
Yeah, I'll be standing there by you

lirik lagu Goodbye

Goodbye

Artist: Air Supply
(David Foster, Linda Thompson)
I can see the pain living in your eyes
And I know how hard you try
You deserve to have so much more
I can feel your heart and I sympathize
And I'll never criticize all you've ever meant to my life

[Chorus:]
I don't want to let you down
I don't want to lead you on
I don't want to hold you back
From where you might belong
You would never ask me why
My heart is so disguised
I just can't live a lie anymore
I would rather hurt myself
Than to ever make you cry
There's nothing left to say but good-bye
You deserve the chance at the kind of love
I'm not sure I'm worthy of
Losing you is painful to me

[Chorus]

You would never ask me why
My heart is so disguised
I just can't live a lie anymore
I would rather hurt myself
Than to ever make you cry
There's nothing left to try
Though it's gonna hurt us both
There's no other way than to say good-bye