RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMAN 1 Gunungsari
Mata Pelajaran :Kimia
Kelas/Semester :X/1
Pertemuan Ke- :2
Alokasi Waktu :2 jam pelajaran
Standar Kompetensi :1.Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur,
dan ikatan kimia
Kompetensi Dasar :1.1 Memahami struktur atom berdasarkan teori atom
Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat -sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron
Indikator :
· Menentukan jumlah proton, elektron, dan neutron suatu unsur berdasarkan nomor atom dan nomor massa dan sebaliknya.
· Mengklasifikasikan unsur dalam isotop, isobar, dan isoton berdasarkan nomor atm dan nomor massa.
· Menentukan massa atom relatif dan menentukan konfigurasi elektron
I. Tujuan Pembelajaran
· Siswa dapat menentukan jumlah proton, elektron, dan neutron suatu unsure berdasarkan nomor atom dan nomor massa dan sebaliknya.
· Siswa dapat mengklasifikasikan unsure ke dalam isotop, isobar, dan isoton berdasarkan nomor atom dan nomor massa.
· Siswa dapat menentukan massa atom relatif suatu unsure.
· Siswa dapat menentukan konfigurasi elektron
II. Uraian Materi Pembelajaran
· Partikel dasar penyusun atom antara lain elektron, proton, dan neutron.
· Jumlah proton yang dimiliki atom merupakan nomor atom, sedangkan
jumlah proton dan neutron disebut nomor massa.
· Unsur-unsur yang memiliki jumlah proton sama disebut isotop, unsur yang
· memiliki jumlah neutron sama disebut isoton, dan unsur yang memiliki
· nomor massa sama disebut isobar.
· Massa atom dan massa molekul bersifat relatif.
III.Metode Pembelajaran
Ceramah bermakna dan diskusi informasi
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
· Guru memberikan salam dan memperkenalkan diri.
· Guru mengabsen siswa
· Guru mengulang kembali pelajaran yang sebelumnya.
· Guru memberikan motivasi, yaitu:
ü Menjelaskan kepada siswa tentang struktur atom yang terdiri atas
inti atom dan kulit yang berisi elektron.
b. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan materi sesuai indikator
· Guru menjelaskan pengertian nomor atom, nomor massa, massa atom
relatif, dan massa molekul relatif.
· Guru menjelaskan pegertian isotop, isoton, dan isobar, dan menjelaskan tentang penentuan massa atom relatif
· Guru menjelaskan tentang penentuan konfigurasi elektron
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang apa yang telah dipelajari
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan hasil belajar.
· Guru menyempurnakan kesimpulan dari siswa
· Guru memberikan PR, dan memberikan informasi tentang materi yang akan dipelajari pertemuan beriutnya.
· Guru menutup pelajaran
V. Alat dan Sumber Belajar
· System periodik unsur
· Buku Kimia SMA kelas X
VI.Penilaian
1. Jenis tagihan
· Tugas individu
· Kuis
2. Bentuk dan jenis
· Bentuk : tertulis
· Jenis : essay
3. Instrument
o Tentukan jumlah proton, elektron, dan neutron dalam atom dengan notasi :
a.
b. 


o Suatu unsure mempunyai 3 kulit dan 5 elektron valensi. Berapakah nomor atom unsure itu?
o Diketahui nomor atom fosforus adalah 15. Tentukan jumlah proton dan jumlah elektron dalam
a. Atom fosforus
b. Ion P2+
c. Ion P3-
Jawab:
o Jumlah proton, elektron, dan neutron dalam atom adalah
a. 

Jumlah proton = nomor atom = 29
Jumlah elektron = jumlah proton =29
Jumlah neutron = nomor massa – jumlah proton = 63-29 = 34
b. 

Jumlah proton = nomor atom = 53
Jumlah elektron = jumlah proton =53
Jumlah neutron = nomor massa – jumlah proton = 127-53 = 74
o Nomor atom unsure tersebut adalah:
Dik : unsure tersebut memiliki 3 kulit
Memiliki elektron valensi 5
Dit : nomor atom ?
Jawab: karena memiliki 3 kuit dan elektron valensi 5, maka konfigurasi elektronnya adalah 2 8 5, sehingga nomor atm unsure tersebut adalah 15
o Jumlah proton dan jumlah elektron pada
a. Atom fosforus
Karena memiliki nomor atom 15 dan atom netral, maka jumlah elektron = jumlah proton adalah 15.
b. Ion P2+
Karena memiliki nomor atom 15, dan berbentuk ion, maka jumlah proton tidak sama dengan jumlah elektron.
Jumlah proton = nomor atom = 15
Jumlah elektron = 15-2 = 3
c. Ion P3-
Karena memiliki nomor atom 15, dan berbentuk ion, maka jumlah proton tidak sama dengan jumlah elektron.
Jumlah proton = nomor atom = 15
Jumlah elektron = 15 + 3 = 2
Mengetahui
Kepala SMA N 1 Gunungsari Guru Kimia,
(___________________) (___________________)
NIP. ................................ NIP. ................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar